سُئل سيدي صاحب الفيضة
ابراهيم نياس عن كيفية الخلوة؛ هل لابد منها من العزلة والصمت زمنها عما عدا ما يتعلق
بها أو يكفي أحداً أن ينفرد فيها إلى أن يذكر العدد المحدود فيها ويرجع للناس وما يلتزم
من هم المعاش. وعن خلوات الشيخ غير الخمس التي في الرماح أي كتاب يحويها من كتب الطريق؟.
Telah ditanya kepada shahibul faidhah Sayyid Ibrahim Niyas
tentang bagaimanam tata cara berkhalwat. Apakah khlawat harus ber’uzlah dan
tidak berbicara beberapa waktu dari perkara yang selain yang berhubungan
tentang khalwat? atau cukup seseorang menyendiri di dalam berkhalwat lalu
berdzikir pujian beberapa kali di dalam khalwat dan tetap dikeramaian seseorang
dan mengharuskan seseorang sibuk dengan pekerjaan kehidupan. Dan masih tentang
khalwat Syeikh selain lima hal yang didalam kitab mencampuradukkan dari
beberapa kitab-kitab thoriqoh?
-------------------------------
فأجاب سيدي ابراهيم
نياس قائلا:
Sayyid Ibrahim Niyas berkata:
الله الموفق للصواب
إن العلامة العارف بالله سيدي أحمد سكيرج تعرض في كشف الحجاب لجملة من خلوات سيدنا
رضي الله عنه قال:
Semoga Allah memberikan taufiq kepada kebenaran. Sesungguhnya
tanda-tanda ‘Arif Billah Sayyid Ahmad Sukairij mengkesampingkan dalam
masalah kasyaf (mebuka) tirai-tirai penghalang disatu kalimat dari
beberapa khalwat-khalwat. Sayyidina Ahmad Sukairij R.A berkata:
(ومنذ
حفظت ذلك عن شيخنا العارف بالله سيدي أحمد العبدلاوى حسب ما في جواب سيدنا وأنا
أبحث ذلك الجواب ليكون عندي برمته، حتى عثرت عليه بحاضرة تونس عند أخينا المقدم
سيدي الحاج حسن بن حميد التونسي التجاني وكتبها لي، ومن خطه أنقلها إتحافاً
للإخوان والأحباب عسى الله أن ينفعني بدعاء أخ صالح وقف عليها. ونصها:
Diwaktu aku telah menghafal hal itu. Dari Syeikh Sayyid Ahmad al-‘Abdulawi,
beliau memperhitungkan perkara dalam jawaban Sayyidina Ahmad Atiijani dan aku
mencari jawaban tersebut agar disisiku ada jawaban dengan sepenuhmya, sampai
menemumkan jawaban dengan datang ke tunisia untuk bertemu saudara kita
al-Muqoddam Sayyid al-Hajj Hasan bin Humaid at-Tunisi at-Tijani dan menetapkan
kehadirannya untukku. Dan dari tulisan aku mengutip jawaban-jawaban dipinggiran
untuk para ikhwan dan para pecinta, semoga Allah memberikan kemanfaatan padaku
dengan do’a orang sholeh, maka ketahuilah jawaban-jawabannya. Dan isi
jawabannya:
(بسم
الله الرحمن الرحيم. إلى حبيبنا سيدي "فلان" بعد السلام عليك ورحمة الله
تعالى وبركاته: فإنك كتبت تسألني عن شروط الرياضة وسلوك الطريق المفروضة بالاسم
الأعظم.
Bismillahirrahmanirrahiim. Kepada kekasih kita sayyid “fulan”
setelah mengucapkan salam atasmu: maka sesungguhnya kamu telah menetapkan pertanyaan
kepadaku dari beberapa syarat riyadhoh dan suluk thoriqoh yang wajib dengan
ismul ‘adzom
فاعلم أن شروط
الرياضة التي لابد منها وتفسد باختلال واحد منها:
Maka ketahuilah sesungguhnya syarat-syarat riyadhoh yang harus
darinya dan bisa rusak dengan berteman dengan seseorang didalam riyadhoh
(الأول) التوبة النصوح عن كل منهي عنه.
Pertama, taubat nasuhah dari setiap yang terlarang.
(الثاني) حصر القلب عن جميع الخواطر
والاشتغال، فانك لا تقدر على الشرط الأول أول وهلة ولكن قم حارساً على قلبك مهما
أراد أن يذهب للتفكر في المحسوسات المعتادات رددته؛ وهكذا حتى يعتاد الخلف عن صور المحسوسات.
Kedua, menahan hati dari bisikan-bisikan dan kesibukan hati. Maka sesungguhnya
kamu tidak akan mampu atas syarat-syarat pertama permulaan, akan tetapi penting
bangkitkan pengawasan batasan atas hatimu dengan diulang-ulang, hati yang
menginginkan selalu pergi untuk berpikir dalam materi yang banyak.
(الثالث) مكان تغيب فيه عن مُلاقات الخلق
جملة وتفصيلاً إلا شخصاً واحداً يتكلف لك بالمؤنة.
Ketiga, tempat yang tidak ada satupun dari pertemuan umum maupun
khusus dengan makhluk kecuali seseorang yang mewajibkan bagimu seorang penjaga.
(الرابع) صمت دائم إلا بذكر.
Keempat, selalu diam kecuali berdzikir
(الخامس) جوع دائم تدريجياً، بأن تكون تأكل
في ليلتك الأولى معتادك من الأكل ثم تنقص كل ليلة قدراً معلوماً نحو درهم، ولكن
أكلك في الليلة الأولى قدر رطل وثلثين ثم في كل ليلة تنقص درهماً دائماً، وقدر
ميزان الرطل مائه واثنان وتسعون درهماً.
Kelima, selalu lapar didalam rumah, dengan kamu makan di permulaan
malam sebagaimana orang yang kelaparan kemudian terjagalah setiap malam dengan
ukuran kemampuan, contoh, cukup satu dirham saja akan tetapi kamu makan di
permulaan malam dengan ukuran 2/3 kg makanan, kemudian ditiap malam selalu kamu
kurangkan satu dirham dan kadar timbangan kg berjumlah 192 dirham.
(السادس) ترك أكل ما يخرج من الروح الحيواني
جملة وتفصيلاً.
Keenam, tinggalkanlah makanan yang hayawanibaik secara umum maupun
terperinci
(السابع) دوام الصوم.
Ketujuh, selalu berpuasa.
(الثامن) دوام الطهارة، حتى لا تجلس دون طهر
ساعة واحدة ولا تنام دون طهر.
Kedelapan, selalu bersuci sampai kamu tidak boleh duduk selain
langsung bersuci, dan tidak tidur kecuali suci dalam wudhu.
(التاسع) تقليل المنام إلا لعذر الضرورة.
Kesembilan, menyedikitkan tidur kecuali ada uzur darurat.
(العاشر) اتخاذ أوقات للذكر وباقي ذلك للراحة
بأن يتخذ بين الليل والنهار ستة أوقات للذكر يذكر في كل وقت عدداً معلوماً، وهو
بعد الصبح ووقت الضحى وبعد الظهر والعصر والمغرب وفي جوف الليل بعد النوم، وليكن
في اليوم الأول تجعل ورداً من الذكر في كل وقت قدر ما لا يشق على النفس، ولا تزال
حتى تصل إلى استغراق الليل والنهار في الذكر. ومن أكيد الشروط في الرياضة دوام
العطش، ولا يشرب حتى يصبر كثيراً. فإنهم اتفقوا على أن العطش شهوة كاذبة متى صبر
الإنسان عنها نسيت ووقع صفاء عظيم في القلب ومتى أهملت قل اثر الصفاء في القلب.
Kesepuluh, ambil beberapa waktu untuk berdzikir dan tetapkan
berdzikir diwaktu istirahat, dengan hendak mengambil antara siang dan malam
selama 6 jam untuk berdzikir, berdzikir disetiap waktu dengan bilangan yang
semestinya, yaitu setelah subuh, waktu dhuha, setelah dzuhur, ashar, maghrib
dan tengah malam setelah tidur. Dan dimalam hari pertama kamu jadikan wirid
dari dzikir-dzikir ditiap waktu kadar perkara yang tidak memecahkan nafas (jangan
terburu-buru), jangan kamu hilangkan sampai kamu mencapai tenggelam dalam malam
dan siang dalam berdzikir. Dan dari sulitnya syarat-syarat termasuk dalam
riyadhoh adalah selalu haus, tidak minum sampai kecuali telah bersabar yang
hebat. Maka sesungguhnya mereka telah sepakat bahwa sesungguhnya haus adalah
syahwat yang menipu ketika manusia bersabar dari syahwat telah melalaikanmu dan
terjadi kebersihan yang besar didalam hati dan manakala kamu telah membawa
sedikit dari jernihnya hati.
ومن شروطها ترك كل
حاجة خارجة من الرياضة مثل احتياج أهله إلى قوت، وما أشبه ذلك. ومن آكد الشروط
فيها معاملة الله عز وجل بالعبودية المحضة لوجهه، ومجاهدة النفس لأجله، والإعراض
كل ما سواه، بأن يقصد بذلك إقامة حقوق الربوبية، فلا بد للرياضة من هذه الشروط.
Dari syarat-syaratnya ialah meninggalkan segala kebutuhan
pengeluaran dari beriyadhoh seperti membutuhkan bahan makanan, dan sebagainya. Dan
dari sulitnya beberapa syarat dalam bermu’amalah kepada Allah ‘Azza wa Jalla
dengan ‘ubudiyyah (beribadah dengan suluk) yang wajib karena Allah ta’ala dan
bermujahadah diri karena-Nya, mengekesampingkan segala sesuatu selain-Nya
dengan maksud agar terbangun hakikat ketuhanan, maka harus beriyadhoh dengan
syarat ini.
ومن آكد الشروط أيضاً
الحرص على اجتماع القلب إلى الذكر مهما انصرف إلى غير ذلك رده بقدر طاقته حتى
يعتاده. فإن حافظت على هذه الشروط بتمامها حتى تبلغ أربعين يوماً يقع في قلبك صفاء
عظيم تتقوى به على قهر الروحانية إن أردت التصرف بها؛ وعلى جذب أسرار الأسماء إن
أردت التصرف بها ويقع في قلبك حضور عظيم عند الذكر يسرع لك بانصباب أنوار الأذكار
في قلبك.
Dari sulitnya beberpa syarat juga adalah menjaga berkumpulnya hati
untuk kepentingan dzikir menjadi tidak berdzikir, kembalikan hati dengan kadar kekuatan
smapai hati itu kembali berdzikir lagi. Maka jika kamu telah menjaga atas
syarat-syarat dengan sempurna sampai 40 hari maka akan terjadi jernihnya hati
yang kuat, mempunyai daya besar untuk menguasai ruh jika kamu menginginkan
berubahnya hati. Dan rahasia ketuhanan membentuk jadzab jika kamu menginginkan
berubahnya hati dan terjadi dalam hatimu kehadiran agung ketika berdzikir
mempercepat bagimu dengan sebab cahaya dzikir-dzikir didalam hatimum.
ومن هنا يصلح لك
ابتداء السلوك إلى حضرة مالك الملوك، فعليك حينئذ بحفظ الشروط المتقدمة ودوام
الخلوات والاستغراق في الذكر، أي الذكر كان. فإنك حين تبلغ أربعين يوماً أخرى تجد
في قلبك نوراً يجذبك إلى النهوض إلى الله؛
Dan dari sini, perbaiki awal sulukmu kepada kehadirat Rajanya Raja.
Makam tetap bagimu disetiap keadaan dengan menjmaga syarat-syarat yang demikian
dan selau berkholwat dan tenggelam dalam berdzikir dengan dzikir yang ada. Maka
ketika sampai padamu 40 hari selanjutnya maka kamu akan menemukan dalam hatimu
cahaya jadzab kepada samuderanya Allah.
بقطع كل عائق يعوقك
عن النهوض إلى الله، فإذا اختليت أربعين يوماً أخرى على حفظ ما تقدم من الاستغراق
في الذكر تمكن الصفاء الروحاني في قلبك وقربت من الاتصاف بصفة الملائكة وسمعت
الخطاب في قلبك من الغيب، فإن ازددت أربعين يوماً أخرى طلعت لك ناصية التوحيد
الفعلي وترى أفعال الله سارية في الوجود، وترى الكون كله لا حركة له،
Dengan potongan rintangan kamu akan melewati rintangan dari samudera
kepada Allah maka jika kamu berkhalwat 40 hari selanjutnya, menjaga syarat yang
demikian dari tenggelamnya hati untuk berdzikir memungkinkan jernihnya
keruhanian dalam hatimu dan dekat dengan sifat-sifat malaikat, kamu mendengar
hatimu berbicara secara ghaib, maka jika menmbah 40 hari lagi maka muncul
bagimu puncak ketauhidan bangsa perbuatan, dan kamu akan melihat gerak gerik
Allah berjalan dengan nampak, dan kamu juga akan melihat segala yang ada tidak
ada yang bergerak kecuali Allah.
وترى يد القدرة
الأزلية تحركه عياناً لا اعتقادا، ومن هنا استعددت للدخول لحضرة الله حينئذ تحتاج
إلى الشيخ المربي الذي تدخل به إلى حضرة المعرفة بالله ولا مطمع لك إلى المعرفة
بدونه لكثرة ما في هذا المقام؛ ومن بعده من المهالك والقواطع والسباسب المتلفة.
ومن سلك إلى الحضرة الكبرى وحده دون الشيخ المربي بعد بلوغه إلى هذا المقام الذي
وصفته لك وهو مقام تجلي أفعال القدرة الأزلية عياناً، واستبد بعد ذلك بنظرة دون
الشيخ وقع في الخسران العظيم وخسر الدنيا والآخرة لكثرة المهالك والأغاليط.
فإذا وصلت إلى ها هنا
فأتني حينئذ وألق نفسك إلي وقبل لا عليك.
kamu akan melihat kekuasaan ketetapan azali digerakkan-Nya secara
mata hati bukan nyata. Dan dari sini kamu persiapkan untuk masuk kehadirat
Allah diwaktu kamu mebutuhkan kepada syeikh Murobbi yang kamu bisa masuk
karenanya kepada kehadirat Ma’rifat Allah dan tidak mendambakan untuk ma’rifat selain
karena banyaknya dari tingkatan ini setelah itu dari tingkatan ini adalah kehancuran,
menghentikan, dan sebab kehancuran. Siapa orangnya yang suluk kehadirat Allah
semata tanpa Syeikh Al-Murobbi setelah sampai tingkatan ini dimana tingkatan
yang menyifatkan bagimu di tingkatan Tajalli dan celakalah setelah itu dengan
mamndmang tanpa syeikh maka terjadilah kehancuran yang besar di dunia dan
akhirat yang dahsyat yang membelenggu.
Jika kamum telah sampai kepada derajat tajalli maka datanglah
kepadaku disatu waktu dan aku bertemu dengan dirimu kepadaku dan sebelumnya
bukan atasmu.
ولكن بقى شرط من شروط
الرياضة لابد منه وهو ترك الجماع في طول الأربعين، لكن من يتعلق به حق الزوجة
فليؤده مرة واحدة بعد فراغه من الأربعين أو مرتين.
Dan jika tetap beberapa syarat syarat riyadhoh maka harus baginya
meninggalkan jima’ (berhubungan intim) selama 40 hari. Tetapi seseorang yang mempunyai hubungan
suami-istri maka datangilah sekali atau dua kali setalah ada waktu kosong dari
40 hari.
وبعد سلوك التوحيد
الفعلي ـ
Dan setelah suluk tauhid perbuatan......
وإن أدمت السلوك
والخلوات مع مصاحبة الشيخ المربي ـ
Dan jika berlanjut bersuluk dan berkhalwat bersama dengan Syeikh
al-Murobbi.
تدخل حضرة مشاهدة
الصفات الأزلية القائمة بالذات، وبهذا الشهود تذهل عن جميع الأكوان لأنك تعلم من
نفسك أنك غائب عن جميع الأكوان بما بان لك من شهود الصفات الأزلية، فإن أدمت
السلوك حتى تمكن الشهود الوصفي؛ وصاحبت الشيخ المربي طلع لك شهود الذات العظيمة
المقدسة، وهذا الشهود يغنيك عن كل شيء حتى عن نفسك وحتى عن الشهود يغنيك عن شهود
بقيتك، ومن ها هنا أنت في يد الله عز وجل، وفي يد الشيخ المربي وبعده تنتقل إلى
الصحو والحضور مع هذا الشهود، وهذا مقام المعرفة إن أراد الله انتقالك . والله
الموفق.
Kamu akan masumkm kehadirat menyaksikan beberapa sifat azali yang
berdiri dengan Dzat-Nya, dengan persaksian ini kamu akan masuk dari seluruh
yang ada karena sesungguhnya kamu mengetahui dari diri kamu bahwa kamu hakikatnya tiada dari seluruh yang
ada, seseungguhnya kamu menymaksikan sifat-sifat azali. Dan jika dilanjutkan
suluk sampai memmmmmungkinkan kamu menyaksikan dan mensifati bersama syeikh
al-Murobbi maka muncul bagimu menyaksikan Dzat Agung yang Suci, dan ini
persaksian yang membuatmu kaya dari segala sesuatu sampai dirimu terbawa dari
persaksian kekayaan dari kekalnya persaksianmu. Dan dari ini, kamumm dalam kuasa
Allah ‘Azza wa Jalla dan dalam kuasa Syeikh al-Murobbi dan setelahnya berpindah
kepada kecerahan dan kehadirat bersamma dngan persaksian ini. dan ini maqom a’rifat
jika Allah menmghendaki. Semoga Allah meberikan Taufiq.
وكتب على عجل أحمد بن
محمد التجاني نسباً، تاب الله عليه. أنتهي. من خطة بوسائط رضى الله عنه وأماتنا
على حبه. آمين. أ هـ.
telah ditetapkan dengan ketercepatan Ahmad bin Muhammad at-Tijani
secara menisbatkan, semomga Allah menerima taubatnya dari tulisan dengan
lingkungan R.A dan wafatkan kami dalam mencintainya. Amin.
ـــــــــــــــــــــــــــــــــــ
من كتاب الفتاوي
لسيدي ابراهيم نياس
الكتاب متوفر الان
بمكتبة دار الحسام بالازهر القاهرة مصر
Dari kitab al-Fatawa oleh Sayyid Ibrahim Niyas
Kitab yang beredar sekarang di perpustakaan Dar al-Hisam di
al-Azhar Kairo-Mesir.
0 komentar:
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung ke blog fathan karim